Paket Data Internet Simpati Tidak Jalan


Sejak kemarin sore hingga malam hari tidak ada pesan BBM, maupun WhatsApp yang masuk ke HP Android saya. Tidak seperti biasanya. Saya cek sinyal, bagus. Saya cek paket data, masih 500 MB lebih. Saya cek memori (siapa tahu sudah penuh cache-nya), ya masih baik-baik saja. Saya pakai internetan, wah ternyata ikut-ikutan nggak bisa. Awalnya saya duga karena URL Facebook yang diawali dengan https, tapi saya coba Google saja juga nggak masuk. Twitter web based juga tiba-tiba koneksi terputus. Saya coba refresh dan tetap gagal. Mungkin jaringannya sedang under construction, batin saya…

Awal pagi saya cek kembali. Masih juga belum ada perubahan. Sama sekali tidak ada pesan BBM maupun WA yang masuk. Browsing juga gagal. Akhirnya saya coba reset HP. Dan masih juga belum ada perubahan. Saya kira kartu SIM-nya yang mungkin sedang crashed. Kemudian saya lepas dan pasang lagi SIM card-nya, dan belum juga berhasil. Saya cek pulsa, masih tersisa 2 rupiah. Ini mestinya nggak ada masalah. Wong dulu pernah 0 (nol) rupiah pun masih bisa jalan, dengan syarat masih masa aktif dan paket data tersedia. Semakin penasaran…

Akhirnya iseng saya coba call/ nelpon. Uniknya, terdengar suara “Pulsa anda … (jeda) rupiah”. Artinya saldo pulsa saya tidak diketahui atau mungkin tidak diakui oleh provider, karena mungkin begitu kecilnya (hanya dua rupiah). Wallahu a’lam. Selanjutnya untuk menguji hipotesis saya coba isi pulsa 10 ribu rupiah. Dan Alhamdulillah paket data berjalan normal kembali. Ratusan pesan langsung masuk ke HP. Internetan juga lancar tanpa gangguan.

Iseng saya googling syarat dan ketentuan paket data kartu Simpati. Masuk ke web-nya Telkomsel. Dan tertulis di halaman tersebut syarat nomer lima yang berbunyi: Minimal pulsa sebesar Rp 50… Oalah, sudah berubah tho. Semoga bermanfaat buat kawan-kawan sekalian. Terima kasih…🙂

Leave a Reply

