Tras Rustamaji: Keanehan Quick Count Pilpres 2014 oleh SMRC-LSI


Ini saya ambil dari komunigrafik.com/pilpres2014/st… jam 1.09 SMRC-LSI pic.twitter.com/4HfRgeCRoR

Kalau ini jam 2.44. Ada yang aneh? pic.twitter.com/wvpJWgOEmP

Baru kali ini saya tidak percaya quick count, dalam hitungan menit dari posisi 52%:48% langsung berbalik 48%:52%

Setiap pemilu saya selalu mengikuti quick count. Dan percaya dengan hasil quick count. Dan hasilnya memang gak jauh beda dari real count.

Untuk survey/polling yang saya akui metodologinya adalah CSIS, baru kemudian SMRC. Kalau untuk quick count mostly semua tidak jauh beda.

Tapi untuk quick count kali ini saya mantengin webnya SMRC-LSI di komunigrafik.com/pilpres2014/st…

Pada jam 1 lebih sedikit saya lihat posisinya 52% lebih prabowo 48% kurang jokowi. Saya capture stabilitas datanya: pic.twitter.com/CXdFTYgnUj

Tapi tiba-tiba sesuatu yang aneh terjadi, screen refresh (AJAX) posisi langsung berubah jadi terbalik 48%:52% utk Jokowi. Bisa secepat itu?

Dan lebih anehnya, data histornya berubah, tadinya menunjukan ada cross di mana prabowo jadi unggul jadi hilang. pic.twitter.com/S2G4U19VRv

Dugaan saya, ada perubahan data pada quick count SMRC yg tiba-tiba, setelah jam 1 siang. Bagaimana menjelaskan fenomena itu?

Saya tidak memantai pergerakan data lembaga lainnya, tapi kalau SMRC bisa separah itu, gak tau deh yg lain.

Saran saya untuk pendukung kedua kubu, jangan buru-buru merayakan kemenangan, tunggu hasil resmi KPU saja. sekian.

Sumber: http://chirpstory.com/li/218118

Versi update:
(1) http://www.pkspiyungan.org/2014/07/membongkar-keanehan-quick-count-smrc.html
(2) http://www.pkspiyungan.org/2014/07/ketahuan-manipulasi-hari-ini-data-quick.html

One Response to Tras Rustamaji: Keanehan Quick Count Pilpres 2014 oleh SMRC-LSI

  1. bluejundi says:

    tambahan: ada kemungkinan hilangnya cross karena data semakin banyak, alias grafik semakin memanjang ke kanan, tetapi area penggambaran grafik tetap sama. sehingga garis kecil dgn kemiringan yg tinggi, lama-kelamaan akan “hilang”, tidak bisa digambarkan. mungkin klo grafik bisa di-scratch menyamping ke kanan, cross akan nampak lagi.

    sedangkan flood data sekitar 280 tps dlm waktu 26 menit shg menyebabkan terjadinya cross belum ada penjelasannya. krn umumnya traffic data itu stabil. wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: