Catatan untuk Golongan Putih (Golput) Pemilu


Saudara pemilih yg budiman. Hari rabu tgl 9 april pekan depan adalah hari bersejarah bagi negeri kita ini. Mari gunakan hak pilih kita demi kebaikan bangsa ini 5 tahun ke depan. Memang pemilu tidak akan langsung mengubah kondisi dalam hitungan sekejap. Sim sala bim. Namun menarik diri dari pemilu justru akan memupuskan harapan utk perbaikan itu sendiri.

Jikalau yg muncul adalah anggapan “wah.. Percuma, sama saja. Caleg, parpolnya brengsek semua”, maka tinggal ada dua kemungkinan: 1. Bubarkan saja negera ini. Proklamasikan negara baru. Kalau perlu anda sendiri jadi presidennya. Itu pun dengan catatan: tidak terjadi chaos di masyarakat. Dan sejarah negeri ini akan dimulai dari nol kembali. Atau 2. Silahkan buat parpol sendiri, dengan anda sebagai caleg-nya yg paling baik se-indonesia. Anggota parpolnya pun harus dipastikan tanpa cela. Mungkinkah? Masuk akal kah? Dan, sanggupkah?

Jikalau yg muncul adalah anggapan “percuma. Apa artinya satu suara saya”, maka perlu kita ingat kembali bahwa batas nilai lulus dan tidak lulus itu hanya satu suara. Demikian halnya batas antara menang dan kalah itu pun bisa jadi hanya satu suara. Dan jika ini menjadi pemikiran yg sama oleh banyak orang, maka alamat para politisi busuk/ jahat yang maju lagi akan sangat diuntungkan. Mengapa? Karena pemilih yg masih baik dan jernih hatinya justru menarik diri dari pemilu!

Terakhir, jika yg kita cari adalah mereka yg suci, maka ketahuilah bahwa tidak ada caleg dari kalangan malaikat. Atau parpol yg anggotanya malaikat. Alias bebas dari kesalahan, kekurangan. Faktanya, orang-orang tersebut tetaplah manusia biasa. Yang realistis adalah menimbang antara kebaikan dan keburukannya. Mana yg lebih banyak? Dan dalam situasi seperti ini, sistem sebuah parpol yg baik akan jauh lebih penting daripada figuritas/ ketokohan (mantan) pimpinannya.

Ok, kawan. Weekend kali ini mari gunakan sebaik-baiknya utk mengenal calon yg akan kita pilih. Googling sedikit banyak bisa membantu memberikan referensi ilmiah berdasar data-data valid. Gunakan kata-kata kunci yg sekiranya menjadi konsen kita bersama dalam berbangsa dan bernegara. Misalnya, jika kita konsen dengan pemberantasan korupsi, maka bisa kita cek di google kata kunci “parpol juara korupsi”, dst.

Semoga pemilu kali ini kita bisa lebih cerdas dalam memilih sampai akhirnya kita masuk tps dgn optimis tinggi mengatakan “saya sudah punya pilihan”🙂 #PemiluYes #GolputNo

Mohon Maaf atas Kekurangan Kami.
Mohon Doa & Dukungannya supaya Kami Menjadi Lebih Baik Lagi.
http://www.pkspiyungan.org
http://www.pks.or.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: