Belajar Menyikapi Perbedaan ala KH. Idham Cholid dan Buya Hamka


Kisah ini disadur dari buku “99 Detik Menunggang Harimau Lapar”, dalam bab rumpun kedua tentang silaturahmi dan persaudaraan, antara pemimpin NU (K.H Idham Cholid) dan pemimpin Muhammadiyah (Buya Hamka).

Kisahnya kurang lebih begini: ketika mereka sedang dalam perjalanan menuju tanah suci dalam sebuah kapal laut, saat melakukan sholat subuh berjamaah, para pengikut Nadhlatul Ulama heran saat Idham Cholid (tokoh NU) yang mempunyai kebiasaan menggunakan doa qunut dalam kesehariannya, malah tidak memakai doa qunut tatkala Buya hamka dan sebagian pengikut Muhammadiyah menjadi makmumnya.

Demikian sebaliknya, tatkala Buya hamka mengimami sholat subuh, beliau membaca doa qunut karena Idham cholid dan sebagian pengikut NU menjadi makmumnya. Mereka malah berpelukan mesra setelah sholat bagaikan saudara seiman yang saling menguatkan, saling menghormati, dan saling berkasih sayang.

Saya terharu sekali baca cerita ini, betapa kebesaran jiwa mereka terbukti melalui kisah ini,betapa besar jiwa kedua pemimpin umat Islam kita itu, coba kita bandingkan dengan saat ini, dimana masing pengikutnya merasa dirinya sendiri paling benar dan kadang memaksakan pendapatnya atas yg lain😦

Belajar dari kisah Buya Hamka dan Idham Cholid, Qunut atau tidak qunut, merupakan suatu hal yg sunah, jadi baiknya kita tidak terjebak dalam pertengkaran. Karena Persaudaraan sesama muslim itu wajib, sedangkan qunut itu sunah. Mari dahulukan yg wajib ketimbang yg sunah.

Mari kita bersatu, karena perbedaan itu adalah rahmat, dan Islam adalah rahmatan lil alamin🙂

Sumber: http://hadidot.wordpress.com/2010/05/15/perbedaan-dan-persaudaraan-islam/

Cerita dengan konteks yang sama juga pernah disampaikan oleh Prof.Dr.KH.Ahmad Zahro, MA [Guru Besar IAIN Sunan Ampel] dalam sebuah ceramah/ pengajian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: