Business Intelligence: An Overview


Istilah Business Intelligence (BI) muncul pertama kali pada tahun 1989, sekitar 22 tahun yang lalu. Istilah tersebut tersusun dari dua buah kata, yaitu bisnis dan kecerdasan (intelligence). Bisnis sendiri dapat diartikan sebagai usaha memproduksi barang/ jasa untuk konsumen untuk ditukar dengan uang atau barang/ jasa lainnya guna mendapatkan profit. Sedangkan cerdas dapat diartikan sebagai kemampuan untuk belajar dari pengalaman, mampu menangani masalah yang kompleks, atau bisa juga berarti dapat bereaksi dengan cepat dan benar terhadap situasi yang baru.

Kecerdasan dalam BI adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) jadi dalam hal ini adalah kecerdasan yang merupakan hasil kolaborasi software, hardware dan brainware, bukan semata-mata kecerdasan manusianya. Sehingga BI dimaknai sebagai “IT-enabled business decision making based on simple to complex data analysis processes”. Atau ada pula yang berpendapat bahwa “(BI) applications are decision support tools that enable real-time, interactive access, analysis and manipulation of mission-critical corporate information”.

Dengan adanya BI, maka banyak manfaat yang didapatkan oleh perusahaan/ organisasi. Pembuatan laporan akan lebih informatif, analisa kinerja beserta indikatornya akan lebih kompreshensif. Dan selain itu juga akan dimungkinkan pengambilan pengetahuan dari data kinerja bisnis selama ini, misalnya: pembeli mobil jenis X ternyata adalah didominasi oleh wanita usia 35-40 tahun. Hal ini jelas akan mempengaruhi strategi bisnis ke depan.

note: File ppt dapat di-unduh di halaman Download.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: