Contoh Program Java: Swing Sederhana


Ada 2 cara untuk membuat aplikasi GUI (Graphical User Interface) sederhana, yaitu memanfaatkan library swing dan awt (applet). Sebenarnya ada cara yang lain, yaitu membuat aplikasi yang berbasis web (Java Server Page) maupun yang berbasi mobile (J2ME). Namun menurut hemat saya, swing dan awt adalah yang lebih mudah untuk dijadikan bahan belajar aplikasi grafis.

Java swing running di ruang lingkup desktop. Jika selama ini kita membuat aplikasi java masih berorientasi console (layar DOS, hitam putih) maka dengan library swing ini kita bisa membuat aplikasi dengan antarmuka yang jauh lebih menarik bagi pengguna. Kita bisa menambahkan form, text field, tombol, combo box, mengubah warna dan sebagainya.

Mengembangkan aplikasi swing dilakukan dengan dua tahap, yaitu mendesain layout tampilannya dan menuliskan source code programnya. Di dalam Netbeans bisa kita mulai dengan membuat project baru dengan tipe “desktop application”. Ikuti petunjuknya dan kita akan otomatis disiapkan 3 buah file .java sekaligus, yaitu file about, file view dan file programnya.

Menambahkan komponen ke panel utama (main panel) dilakukan dengan drag n drop komponen dari jendela “palette”. Sedangkan untuk mengubah atribut masing-masing komponen dilakukan dengan mengakses jendela properties di sebelah kanan. Sangat banya isian yang bisa kita coba satu demi satu.

Contoh program swing sederhana:
1. Buatlah desain layout dengan isi: 3 text field dan 1 buah button.
2. Atur posisi dan atribut tiap komponen tersebut. Untuk textfield akan lebih baik jika atribut text dikosongi. Sedangkan untuk button diganti dengan teks “Hitung”.
3. Double click pada button, akan muncul jendela pembuatan action untuk komponen tersebut. Di combo box action kita pilih “create new action”. Tuliskan nama method yang akan dibuat kemudian klik OK.
4. Maka otomatis kita akan berpindah ke jendela file source code. Dan Netbeans akan otomatis menambahkan sebuah method baru dengan nama sesuai dengan yang tadi kita ketikkan. Di dalam method ini akan kita tuliskan source code programnya.
5. Tuliskan source code berikut:
int p,l,hasil;
p = Integer.parseInt(jTextField1.getText());
l = Integer.parseInt(jTextField2.getText());
hasil = p * l;
jTextField3.setText(String.valueOf(hasil));
6. Tes untuk menjalankan program.

Selamat mencoba🙂
File ppt-nya bisa diakses di menu “Download”.

Note:
percabangan dan perulangan juga bisa diterapkan pada java swing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: