Seri Pemrograman: Sequential Programming


Pemrograman sekuensial merupakan dasar/ inti dari pemrograman. Konsep pemrograman ini adalah top down, berawal dari atas sampai akhirnya paling bawah. Dalam paradigma pemrograman prosedural, modular maupun object oriented, konsep sekuensial tetap digunakan.

Compiler bahasa pemrograman mengubah (menerjemahkan) teks source code menjadi program .exe yang siap dijalankan. Proses kompilasi dilakukan dari baris source code yang paling atas hingga paling bawah. Itulah kenapa sebabnya penyertaan file library/ header (dan biasanya juga deklarasi variabel) selalu ditaruh di bagian awal source code. Misal (dalam bahasa Java) perintah import java.util.* mempunyai makna bahwa source di bagian setelahnya akan ada penggunaan perintah/ atribut/ class yang dimiliki oleh package java.util. Sehingga ketika kompilasi mencapai baris tersebut, compiler sudah siap untuk menerjemahkan karena sudah diberitahu sebelumnya oleh baris statemen import di bagian awal.

Pola pemrograman sekuensial sangatlah sederhana. Biasanya berupa alur input data dilanjutkan segmen pemrosesan data dan diakhiri dengan output informasi yang dihasilkan. Contohnya program menghitung luas lingkaran. Diawali dengan permintaan input nilai jari-jari dari user, kemudian akan dihitung luasnya oleh program yang dibuat menggunakan rumus phi kali jari-jari kuadrat. Dan akhirnya hasil perhitungan luas diinformasikan kembali ke user melalui perintah output.

Semoga bermanfaat🙂

2 Responses to Seri Pemrograman: Sequential Programming

  1. VB6 Menghitung Luas, Keliling dan Volume Bangun Ruang | tugas-bagus says:

    […] https://bluejundi.wordpress.com/2010/10/07/seri-pemrograman-sequential-programming/ , 23 September 2013, 11.03 […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: