Seri Pemrograman: Tipe Data dan Variabel


Pada umumnya di dalam sebuah program akan terjadi pengolahan data (input) menjadi informasi (output). Program menerima masukan dari pengguna kemudian diolah untuk selanjutnya ditampilkan kembali kepada pengguna. Misalnya program menghitung luas persegi. Pengguna diminta memasukkan data panjang dan lebar. Dan setelah di-OK atau di-Enter muncullah luas yang merupakan hasil perkalian antara panjang dengan lebar.

Sebagai bagian dari sebuah sistem komputer, program memanfaatkan memori komputer untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan baik data maupun informasi. Data yang dimasukkan oleh pengguna melalui keyboard akan dibaca oleh program dan kemudian disimpan di memori (RAM). Pun halnya informasi hasil pengolahan juga bisa disimpan terlebih dulu di memori untuk selanjutnya baru ditampilkan ke layar monitor komputer.

Untuk mengatur penggunaan memori (sebagai penyimpanan data) oleh program digunakanlah konsep tipe data dan variabel. Memori komputer ibarat sebuah rak lemari yang sedemikian tinggi dengan sejumlah slot kecil penyusunnya yang tertata rapi, berurutan dari bawah ke atas. Ada slot yang lebarnya besar, ada pula yang kecil. Konsekuensinya, besar kecil ukuran menentukan besar kecil isi yang bisa dimasukkan ke dalam slot tersebut. Masing-masing slot diberi label yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Tujuannya untuk memudahkan pengaksesan dan tidak terjadi pengisian oleh data lain.

Paragraf di atas merupakan gambaran tentang manajemen memori sederhana. Jika rak adalah memori maka slot adalah segmen memori. Besar kecilnya ukuran slot menandakan jenis tipe data. Misal ada tipe data integer dengan ukuran 2 byte, tipe data float 4 byte dan tipe data char memiliki besar 1 byte. Sedangkan label pada slot adalah analogi nama variabel dalam pemrograman. Sehingga biasanya dalam sebuah program diawali dengan penulisan nama-nama variabel yang akan dipakai beserta jenis tipe datanya. Ini biasanya dikenal dengan istilah deklarasi variabel, yang akan diterjemahkan oleh compiler sebagai langkah untuk menyiapkan/ booking memori sebelum digunakan/ diproses lebih lanjut oleh program.

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: