8 Tips Praktis Pemrograman


Cukup banyak mahasiswa yang merasa kesulitan dalam belajar membuat program. Bingung harus memulai dari mana. Beberapa kejadian yang sering mengganggu dalam proses ini adalah masalah terjadinya error pada saat kompilasi atau eksekusi program. Hal ini terbukti berdasarkan survei yang saya lakukan di kelas dalam 2 semester terakhir.

Error itu hal biasa dalam belajar membuat program. Sebagaimana klo kita jatuh ato nabrak ketika belajar naik sepeda. Sudah hal lumrah klo salah dalam belajar. Namanya saja belajar. Dari yang sama sekali blank, menjadi skillful. Kita bukan malaikat lho. Yang nggak wajar itu adalah tidak mengambil pelajaran dari kesalahan yang ditemukan, ato yang lebih parah adalah mengulangi kembali kesalahan serupa. Error tidak seharusnya membuat semangat belajar kita padam, terhenti di tengah jalan.

Pembaca yang budiman, disini saya akan berbagi pengalaman belajar membuat program. Jujur, saya berangkat dari nol untuk belajar programming. Bahkan 2 tahun pertama kuliah, saya masih tanpa komputer pribadi. Cuma nebeng teman, ato mampir di lab. Nggak kenal itu bahasa Pascal, bahasa C maupun C++. Tapi karena saya sudah memilih kuliah di bidang IT, ya apa boleh buat. Demi masa depan, semua tantangan harus dihadapi. Salah satunya adalah ketrampilan membuat program.

Tips yang pertama adalah tumbuhkan cinta dulu (ceile…) kepada pemrograman. Tanpa ada cinta ya jangan harap bisa punya motivasi tinggi. Cinta bisa alami, bisa dikondisikan. Sebaiknya dua-duanya kita miliki. Klo alami prosesnya butuh banyak waktu karena “trisno jalaran soko kulino”. Cinta karena kebiasaan. Namanya kebiasaan itu lama. Tiada hari tanpa coding🙂. Namun cinta bisa juga dikondisikan. Relatif cepat. Kita harus kondisikan mindset kita bahwa tanpa menguasai programming ya tamat sudah masa depan. Mo jadi apa nanti? Lulusan IT mo kerja apa klo programming saja nggak ngeh? Ato jangan-jangan malah ke-DO duluan?😦. So, cintai dulu membuat program. Bayangkan dengan kita cinta programming, maka kita kelak akan bisa membuat program sekelas Winning Eleven, Windows Vista ato Counter Strike! Keren kan🙂

Kedua, miliki akses ke komputer. Nggak harus beli. Anda masih punya sahabat karib, teman baik (ini gunanya gaul di kampus, ikut organisasi). Anda pun masih bisa pinjam komputer di lab seijin pengurusnya ato bisa juga di ruang himpunan/ asisten. Tips ketiga, terkait dengan masalah komputer, adalah praktekkan programming. Membuat program bukan pekerjaan hayalan, ngelamun, ditulis di angan-angan kemudian dijalankan. Itu mbujuk, ngawur, nggak ada dalilnya. Menguasai pemrograman harus dari mencobanya. Bukan sekedar mendengarkan kuliah di kelas (kalo nggak tidur/ ngobrol sendiri), membaca dan mengingat-ingat catatan. Pemrograman bukan sekedar pemahaman tapi juga menuntut adanya ketrampilan. Dengan mencoba sendiri langsung di depan komputer akan semakin menguatkan interaksi kita dengan programming. Semakin merasakan bahwa membuat program itu sangat menarik. Bayangkan, kita bisa menyuruh-nyuruh komputer untuk mengerjakan apa yang kita inginkan lewat pemrograman!

Yang keempat, mulailah dengan contoh yang sederhana. Jangan overlap langsung ke contoh yang relatif tingkat kesulitannya tinggi. Cukup dengan 10 baris dulu, jangan langsung yang 50 baris. Bisa pusing nantinya. Dalam kurikulum programming, mulailah dengan mengenal jenis-jenis tipe data dan coba program jenis sekuensial sederhana dulu. Lanjutkan dengan mempelajari contoh branching ato looping. Semakin sulit lagi, gabungkan looping dan branching dalam satu program. Tak ketinggalan, pelajari juga tipe data terstruktur semisal array dan struct. Syaratnya: pastikan Anda punya cukup literatur yang berisikan banyak contoh source code program. Setelah anda memahami contoh program, silahkan modifikasi source code tersebut. Pelajari dan analisa dampak yang terjadi.

Kelima, jika menemukan error, jangan panik dulu. Teliti kembali source code yang telah ditulis. Apakah sudah sesuai dengan contoh? Semua kompiler bahasa pemrograman menyediakan fasilitas error report, biasanya di bagian bawah jendel program. Disitu tertera lokasi baris terjadinya error disertai dengan penjelasan sebabnya. Syaratnya ya dikit-dikit kita harus menguasai bahasa Inggris. Bila ternyata masih belum paham maksud error-nya maka ada beberapa kemungkinan solusi: 1. tanya teman baik anda yang paham programming. 2. konsultasi ke mbah Google. 3. bawa masalah tersebut ke kampus. 4. hubungi kantor polisi terdekat (just kidding) maksudnya tulis saja ke blog ini, mungkin saya bisa mbantu🙂

Keenam, atur waktu, dan buat jadwal belajar jika perlu. Namanya belajar jelas butuh waktu untuk konsentrasi, fokus. Jam bermain, ato waktu untuk agenda-agenda yang kurang ato bahkan nggak jelas kontribusinya buat masa depan ya sudah sepantasnya dikurangi. Belajar butuh pengorbanan, keluar dari zona nyaman, dari nyantai-nyantai dan asyik berleha-leha. Slot waktu belajar harus jelas. Saya anjurkan bisa rutin tiap hari belajar satu program. Tanamkan: Ini demi masa depan! Ini investasi kita yang akan dipanen 4-5 tahun ke depan. InsyaAlloh.

Ketujuh, tularkan ilmu, sekecil apapun. Orang bijak mengatakan, “Ikatlah ilmu dengan mengamalkannya”. Semakin sering kita berbagi ilmu, maka ilmu kita bukannya malah berkurang akan tetapi akan semakin menancap di pikiran, semakin ahli. Orang yang ahli adalah yang bisa memahamkan orang yang sebelumnya tidak paham. Ajari teman yang merasa kesulitan. Kirim artikel-artikel praktis lewat email/ milis. Posting di blog pribadi juga OK.

Tips yang kedelapan, berbakti kepada dan minta doa restu dari orang tua. Bagaimanapun beliau lah yang berkontribusi terhadap kuliah kita. Doa beliau sangat mustajab. Jangan sampai membuat beliau kecewa. Tunjukkan hasil belajar yang positif. Dan tak lupa mohon kepada-NYA supaya dibukakan pintu kemudahan dalam menimba ilmu. Karena milik-NYA-lah ilmu dari segala sumber ilmu. Wallohu a’lam bishowab. Semoga bermanfaat. Btw, ingat-ingat ada DELAPAN (8) tipsnya. Cukup DELAPAN saja…😀

12 Responses to 8 Tips Praktis Pemrograman

  1. suep says:

    🙂 pak terima kasih ya saran dan trik’s nya………

    ayo teman kita coba rame-rame pasti tambah asik…..:)

    HIDUP UPN VETERAN JATIM

  2. reidaun says:

    assalamu’alaikum

    pak tipsnya lebih ke pesan moral ya!! belum ke cara belajar cuma ada dikit seperti belajar dari contoh mudah dulu.

    lalu saya kurang setuju tips ke-7 orang bijak bilang ikatlah ilmu dengan tulisan itukan ada di pesan2nya dot.TK production pak bukan dengan mengamalkan….hehehehe tapi ga apa-apa pak bapak memang lebih bijak coz memang ilmu harus diamalkan tidak hanya ditulis……….bagus

    maap banyak kasih kritikan ….
    btw bapak ngajar mata kuliah apalagi???BP1,ASD,BP2 lalu??
    wassalamu’alaikum!!! pak

    —merajut kasih setinggi asa———-

  3. aRdi says:

    assalamu’alaikum.wr.wb,,

    terima kasih banyak pak atas tips ttg bljr program,,sebelum saya membaca tips di blog pak nur,,saya juga pernah curhat sama pak nur via email,,dan pak nur menyarankan agar bljr program rutin 1 jam skali.itu sudah saya lakukan pak,,mskipun blm jauh,tp skrg saya mulai mengerti algoritma pmrograman. keinginan saya bljr program,itu krn saya menganggap diri saya paling bodoh di antara teman” saya. hal itu yg membuat saya bangkit,,krn, g enak juga kl ank informatika di tanya program tapi tolah toleh,,hehe,,
    itu yg memotivasi saya untuk trus bljr,,
    materi yg saya pljri skrg adalah operator dan ungkapan pak,,n kendala saya dalam bljr adalah tempat komputer yg nda’ enak buat bljr,di sbelah komputer da toko dan televisi tmpat keluarga berkumpul. nah,bljr program kahn butuh ketenangan n konsentrasi. tp ketika saya bljr, da saja yg mengganggu,,kl komputer saya pindah di kamar,itu nda’ mungkin,,krn komputer itu buat umum. itu kendala saya pak..
    mohon bimbingan nya pak,,

    wassalamu’alaikum.wr.wb
    didit_alliceurmyeverything@yahoo.com..

  4. twysoft says:

    ASSALAMUALAIKUM
    TERIMAKASIH 8 TIPSNYA PAK
    OH YA PAK MAAF NEH KETIKA BACA BLOG INI SAYA PUNYA NEGATIF THINKING (apa mungkin terlalu sering mengamati kinerja PANWASLU hehe….just for laught)yaitu pada kalimat ingat hanya 8 (PKS geto lho) misalkan nanti ada 28 ato 31 tip males baca tipsnya dong hayo 28 dan 31 itu apa’an pak?
    hehehe
    terus berkarya
    from : dotteka community

  5. TRI WAHYUDI says:

    PKS

  6. bluejundi says:

    kebetulan. ya untungnya dapat no delapan. sekalian branding gitu lho😀

  7. costfix says:

    Wah-wah salut nih aq sama bluejundi yang gak pernah ada habisnya nyemangatin mahasiwa-mahasiswa, terima kasih khusus buat bluejundi yang telah membantu menanamkan dasar programming yang kuat sewaktu awal-awal kuliah dulu sehingga sekarang aku menuai apa yang kutanam 4-5 tahun lalu.

    untunglah nasibku lebih mujur dari bluejundi, 4 semester pertama dah punya komputer sendiri meskipun cuman pentium 3 cukup buat meladeni programming kecil, sehingga proses belajar coding gak separah yang temen-temenku rasakan, kalo ketemu error itu wajar, sering temen bilang tadi errornya 2 sekarang kok malah jadi 21error, trus sama dia dibalikin lagi jadi 2 error tuh namanya mbulet ae, mending 21error ntar dicek lagi baris-perbaris sampai errornya habis. intinya jangan pernah beranggapan errornya tambah banyak.

    jangan kompromi kalo korban waktu banyak belajar programming, percaya deh aku dah membuktikan tanpa bisa coding kita orang IT dipandang merem (gak sebelah mata lagi), sungkan sama yang punya blog, ngoment kok banyak banget, ini kalo sms dah habis biaya berapa ini (doh). cukup sekian intinya belajarlah mumpung masih ada kesempatan. thanks

  8. danny says:

    Pak cahyo saya coba coding program rekursif di compiler. Tapi saya dapet error yang saya gak ngerti walaupun sudah cari di google. Tolongin ya pak….

    Kode Sumber :
    #include “stdio.h”

    int faktorial (int n)
    {
    int x, y;
    if(n==0) return(1);
    x = n-1;
    y = faktorial(x);
    return(n*y);
    }

    int main()
    {
    int n;
    printf(“n = “); scanf(“%d”, &n);
    faktorial ();
    printf(“%d”, n);
    return 0;
    }

    Error Message :

    rekursif-faktorial.obj – 1 error(s), 0 warning(s)

    C:\code\rekursif-faktorial.cpp(16) : error C2660: ‘faktorial’ : function does not take 0 parameters

    Apaan maksudnya pak dan gimana nyelesaiinnya ??

  9. danny says:

    O..pak setelah membaca beberapa contoh di e-book yang saya dl, ternyata udah ketemu pak jawabannya. Ternyata maksudnya parameternya harus dikasih di fungsi faktorial yang dipanggil. He2x. Maklum lah pak masih belajar. Komentar sebelumnya dihapus aja pak, jangan ditampilin, entar keliatan bodohnya :=}

    • bluejundi says:

      gpp, dann. biar yg lain juga bisa belajar dr pengalamanmu. that’s great experience🙂
      jadi jika di header fungsi ada parameternya, maka ketika dipanggil di main jg harus ada nilai yg dilewatkan.

  10. irawan says:

    trimakasih da ngeluarin 8tips ini jadi saya semangat lagi belajar, cma yang mo aq tanyain knapa klo aq nanya ma bapak langsung kok bapak jawab buru-buru bangets jadi aq gak enak mo nanya lagi(sungkan) padahal waktu itu semangat uda menggebu dan sekarang DON lagi malah bingung mau nanya siapa kok gak bisa-bisa.

  11. Nita says:

    Makasih ya Pak sarAnnya.,
    semangat qu jadi bertambah semoga aq bisa lebih semngat, lebih fokus dan lebih sering memprogram dengan ada nya 8 tips bapak ini,.,
    Amin,.,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: