UAS Bahasa Pemrograman 1 – IK


Jawaban Soal UAS:

1. Structure: biasa dikenal dalam bahasa pemrograman sebagai tipe data struct. Berfungsi untuk menghimpun beberapa variabel yang memiliki ikatan kesatuan makna. Variabel-variabel tersebut dimungkinkan memiliki tipe data yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Sedangkan String adalah nama lain tipe data array karakter. Yaitu sebuah array yang masing-masing elemennya berisi data berupa karakter.  Karenanya tipe data ini biasa dipakai untuk menyimpan data nama, alamat, kode dsb. Ciri sebuah string dalam bahasa C adalah elemen terakhir array-nya selalu berisi karakter Null, sebagai penanda bahwa batas datanya sampai disitu saja. (Lanjutkan masing-masing dengan contoh deklarasi dan contoh program sederhana seperti yang sudah dibahas di kelas).

2. Tema program tersebut adalah “permainan” fungsi. Yang perlu diperhatikan, program tersebut memiliki sebuah variabel global “umur” dan sebuah fungsi “hidup”. Variabel “umur” mengalami perubahan nilai di dalam fungsi “hidup”. Sedangkan fungsi “hidup” sendiri mengalamai kesalahan (error) pemanggilan disebabkan deklarasi fungsi tidak mempunyai parameter, tetapi dipanggil dengan memakai paremeter. Silahkan dicoba.

3. Pseudocode tersebut adalah untuk menemukan lokasi indeks data K di dalam array A. Untuk ilustrasi flowchartnya: diawali dengan simbol start, kemudian dilanjutkan simbol inisialisasi. Terus masuk ke simbol percabangan (belah ketupat) untuk seleksi kondisi. Jika True maka proses penambahan i, masuk kembali ke percabangan. Jika False, lanjutkan ke simbol percabangan kedua untuk perbandingan nilai i dengan n. Jika True maka output i, jika False maka output -1.

4. include: perintah untuk menyertakan file pustaka yang akan dipakai oleh program. Untuk menggunakan sebuah perintah di program, maka file pustaka yang memilikinya harus masukkan ke bagian include. Contoh: perintah printf harus memakai pustaka stdio.h. switch: perintah untuk melakukan percabangan majemuk setara. Kalo if-else hanya punya dua pilihan (true dan false). Sedangkan switch-case bisa lebih dari itu. Ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat menu program. do-while: salah satu perintah perulangan dalam bahasa C. Cirinya kerjakan dulu satu kali baru dilakukan cek kondisi. Jadi minimalnya perulangan akan dieksekusi sebanyak satu kali. Berbeda dengan while yang minim bisa sama sekali tidak melakukan perulangan, karena pengecekan kondisi diletakkan di bagian awal. (masing2 lengkapi dengan contoh program sederhana)

5. Program membuat menu. Lihat kembali catatan. Lakukan modifikasi sesuai kebutuhan.

6. Deret bilangan prima yang diawali dengan angka 1. Flowchart dan program sudah dibahas di kelas.

7. Permainan pointer. Hati-hati dengan operator & dan *. Operator & berarti pengarahan pointer, pointer diarahkan ke mana. Sedangkan operator * berarti mengakses data yang sedang ditunjuk oleh pointer. Untuk memudahkan tracing, gunakan ilustrasi gambar maupun tabel. Hasil bisa dilihat dengan compile-run program tsb.

DAFTAR NILAI KELAS IK (PAGI)

08-01 A-
08-02 B-
08-04 B
08-05 B-
08-06 B+
08-07 D
08-08 A-
08-10 B-
08-11 C+
08-12 B
08-13 B-
08-14 B-
08-15 C-
08-16 C
08-17 B
08-18 B-
08-19 A-
08-20 B
08-21 B
08-22 C+
08-23 B
08-24 A-
08-25 C+
08-26 A
08-27 C+
08-28 A-

Catatan: Nilai di atas adalah hasil pengolahan sedemikian rupa. Jangan sekali-kali dibandingkan dengan nilai kampus lain, apalagi kampus negeri. Kesimpulannya, jangan berpuas diri dulu. Ayo terus belajar, kita masih tertinggal jauh!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: