Si Kecil Suka Meniru


Mungkin sudah ratusan atau bahkan ribuan penulis buku, artikel, peneliti maupun dokter anak yang mengatakan bahwa masa-masa balita mulai berjalan dan berlari adalah masa dimana mereka senang meniru gerak-gerik orang dewasa, pun juga polah teman sepantaran mereka sendiri. Dan itu yang sekarang dan sejak beberapa bulan yang lalu, yang dilakukan oleh Nadia (putri kami yang berumur 26 bulan).

Lihat penguin di VCD, jadi niru-niru jalannya pinguin yang megal-megol kanan kiri. Lihat tukang bakso lewat depan rumah, ikut-ikutan teriak “bakco… bakco…”. Lihat umminya ngisi botol air minum, ikut-ikutan minta ngisi botol sendiri. Lihat orang minum pake gelas, ikut-ikutan juga minum pake gelas. Dan yang mengharukan adalah ketika dia ikut-ikutan sholat berjamaah (paling senang nirukan bacaan al fatihah) di rumah setelah rewel minta dipakaikan mukena (kerudung yang agak lebar) dan kadang ikut juga ngaji sambil mulutnya umak-umik nggak jelas.

Di sinilah peran orang tua seperti kita untuk memberikan teladan-teladan kebaikan kepada sang buah hati, bukan sebaliknya. Dan tentunya kita ingat sebuah peribahasa “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”. Semoga Allah meneguhkan kesabaran kita. Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: