Nama-nama Surga dan Neraka serta Penghuninya


NERAKA

1. NERAKA HAWIYAH: diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya, yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari- harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memakai jilbab (bagi wanita), memakai sutra dan emas (bagi lak- laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan lain sebagainya. Dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (Al-Qori’ah ayat 8-11)

2. NERAKA JAHIM adalah neraka sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan ALLAH, maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Orang yang di dunia menyembah sapi (bangsa Hindu) maka sapi yang akan menyiksa orang itu. Orang yang menyembah patung berbentuk hewan, maka patung itu yang akan menyiksanya. Dan demikian selanjutnya. Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar menurut ALLAH, karena syrik berarti mensekutukan ALLAH atau menganggap ada mahluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat ALLAH. Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain ALLAH. Dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (As-Syu’araa, ayat 91), (Asy-Syu’ara’) dan (Surah As-Saffat)

3. NERAKA SAQAR adalah tempat untuk orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan (tidak mentaati) perintah ALLAH dan Rasulullah. Mereka mengetahui bahwa ALLAH sudah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, tetapi mereka meremehkan syariat (hukum) Islam. Maka dibakar dalam api adalah hukuman untuk mereka. Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surah (Al-Muddatsir ayat 26-27,42)

4. NERAKA LAZZA: neraka yang bergejolak apinya dan mengelupaskan kulit kepalanya. (QS:70. Al Ma´aarij] 15-18)

5. NERAKA HUTHAMAH: itu disediakan untuk orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan menghina orang-orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka juga memasang wajah masam apabila ada orang miskin yang meminta bantuan. Maka ALLAH membalas dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti dan mengelupaskan kulit muka mereka. Serta membakar mereka semau yang ALLAH mau. NERAKA HUTHAMAH disediakan untuk gemar mengumpulkan harta berupa emas, perak atau platina, mereka serakah tidak mengeluarkan zakat hartanya dan mencela menghina orang-orang miskin. Maka di Huthamah harta mereka dibawa dan dibakar untuk diminumkan sebagai siksa kepada manusia pengumpat pengumpul harta. Dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (Al-Humazah)

6. NERAKA SAIR diisi oleh orang-orang kafir. Dan orang yang memakan harta anak yatim. Kafir berasal dari kata kufur yang berarti ingkar atau menolak. Sehingga kafir dapat diartikan menolak adanya ALLAH atau dengan membantah perintah ALLAH dan Rasul-NYA. Jadi manusia kafir itu terdiri dari: Orang yang tidak beragama Islam atau orang yang tidak mau membaca syahadat. Orang Islam yang tidak mau shalat. Orang Islam yang tidak mau puasa. Orang Islam yang tidak mau berzakat. Didalam Al-Qur’an terdapat pada (An-Nisa’ ayat 10), (Al-Mulk ayat 5,10,11)

7. NERAKA WAIL disediakan untuk para pengusaha dan pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mencalo barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka dibakar dan dimasukkan ke dalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka. Surah (Al-Tatfif) dan (Surah At-Tur). Nama neraka ini tercantum dalam Al-Quran Surah (Al-Muthaffifin, ayat 1-3)

8. NERAKA JAHANAM: Neraka tempat penyiksaan itu kemudian banyak disebut orang dengan nama jahanam. Neraka yang paling dalam dan berat siksaannya. Al-Qur’an surah (Al Hijr, 43-44). “Bahwasanya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan diampuni Allah, dan tidak pula ditunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka Jahannam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya. Yang demikian itu mudah sekali bagi Allah”(An-Nisa: 169)

SURGA

1. SURGA FIRDAUS: surga yang diperuntukan bagi orang yang khusyuk sholatnya, menjauhkan diri dari perbuataan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluannya, memelihara amanah, menepati janji, dan memelihara sholatnya. dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (Al Kahfi, ayat 107) dan surah(Al Mu’minuun, ayat 9-11).

2. SURGA ‘ADN: surga yang diperuntukkan bagi orang yang bertakwa kepada Allah (An Nahl:30-31), benar-benar beriman dan beramal shaleh (Thaha:75-76), banyak berbuat baik (Fathir: 32-33), sabar, menginfaqkan hartanya dan membalas kejahatan dengan kebaikan (Ar-Ra’ad:22-23)

3. SURGA NAIM: surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang benar-benar bertakwa kepada Allah dan beramal shaleh. dalam Al-Qur’an terdapat pada surah (Luqman, ayat 8) dan (Al Hajj, ayat 56)

4. SURGA MA’WA: surga yang diperuntukan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah (An Najm: 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), serta takut kepada kebesaran Allah dan menahan hawa nafsu (An Naziat : 40-41)

5. SURGA DARUSSALAM: surga yang diperuntukkan bagi orang yang kuat imannya dan Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh. Sebagaimana firman Allah subhanahu wata’ala,“Bagi mereka (disediakan) Darussalam (surga) pada sisi Rabbnya dan Dialah Pelindung mereka disebabkan amal-amal sholeh yang selalu mereka kerjakan.” (QS. 6:127)

6. SURGA DARUL MUQAMAH: surga yang diperuntukkan bagi orang yang bersyukur kepada Allah. Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal dimana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Tempat ini diperuntukkan kepada orang-orang yang bersyukur sebagaimana yg disebutkan di dalam surat (Faathir ayat 35).

7. SURGA AL-MAQAMUL AMIN: surga yang diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman (Ad Dukhan, ayat 51)

8. SURGA KHULDI: surga yang diperuntukkan bagi orang yang taat menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya (orang-orang yang bertakwa). Katakanlah: “Apa (azab) yang demikian itukah yang baik, atau surga yang kekal yang Telah dijanjikan kepada orang-orang yang bertaqwa?” dia menjadi balasan dan tempat kembali bagi mereka?” (Al Furqaan, ayat 15)

Sumber: http://juztben.blogspot.com/2013/01/macam-macam-surga-neraka-beserta.html

Mohon Maaf atas Kekurangan Kami.
Mohon Doa & Dukungannya supaya Kami Menjadi Lebih Baik Lagi.
http://www.pkspiyungan.org
http://www.pks.or.id

About these ads

33 Responses to Nama-nama Surga dan Neraka serta Penghuninya

  1. hamzah adi says:

    buat temen2 bisa nyicil amalan mulai sekarang buat beli tanah di surga!!
    hehehe
    makasih pak beramanfaat banget….

  2. Johnson says:

    Hmm.. Saya tidak tahu apakah translate di atas salah atau tidak.. namun jika sesuai dengan pemahaman bahasa Indonesia saya.. pas di Neraka HAWIYAH.. saya baca “orang yang tidak mau menerima syariat Islam”.. Apakah ini juga berarti menunjuk kepada umat agama yang lain??

    Saya yakin, ayat-ayat ini hanya diperuntukan bagi umat Islam saja, bukan?? Karena saya tidak mau masuk neraka hanya karena tidak menerima syariat Islam…

    • bluejundi says:

      betul sekali, sobat johnson. ini memang khusus untuk muslim karena diambil dari Al Qur’an, kitab sucinya umat Islam. peace :)

    • Rizky Bayu Dwinanda says:

      Untuk saudara Johnson.
      Maaf, tetapi menurut saya, semua perbuatan umat yang berakal sehat di dunia harus dipertanggungjawabkan. Kita tidak tahu agama yang benar itu yang mana sebelum hari kiamat. Tetapi saya sebagai ummat Muslim pasti sangat yakin 1.000.000.000.000.000.000.000.000%.bahwa Islam lah yang benar. Jadi, jika nanti saat kiamat terbukti Islam yang benar, semua orang yang bukan Islam akan dimasukkan ke dalam neraka. Jadi bukan berart ada surga dan neraka untuk setiap umat di dunia dan bukan ada Tuhan untuk setiap umat di dunia. Hanya ada 1 agama yang benar. Dan saya percaya bahwa itu adalah Islam. Dan untuk sobat bluejundi, anda mengatakan hal yang salah bahwa ini hanya untuk umat Muslim karena asalnya dari Al Qur’anul Qarim. Untuk saudara Johnson, sebenarnya agama anda itu apa ya? Sekian dari saya.

      Salam

      • kayat handaya says:

        Assalamu’alaikum
        salam sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang (Q.S Yasiin : 58)

        mungkin sedikit tambahan islam adalah agama yang lembut. muslim/muslimah adalah orang yang lembut dalam bertindak, santun dalam tutur kata. dan senang berpikir. karena dunia ini diperuntukan untuk orang yang berpikir.
        ketika ada yang bertanya maka wajib dijawab. sebaik-baiknya jawaban adalah kesopanan dalam berperilaku.
        Rasulullah S.A.W sudah mengajarkan hal itu. dan tentunya kita sebagai umatnya akan mengikutinya.
        Nabi tak membedakan setiap Hamba Allah dan tidak pula merendahkan agama lain. karena Nabi tahu dan kita pun tahu Hidayah Allah akan datang kepada siapa pun. islam juga adalah agama rahmatanlilalamin. tanpa paksaan tanpa merusak persahabatan. karena islam cinta perdamaian.
        kita hidup dengan nafas yang sama. nafas Bhineka Tunggal Ika. mari perteguh kembali dengan ukhwah islamiah. tanpa merendahkan yang lain. islam itu indah kalau kita mewarnainya.

  3. Volarica Siburian says:

    Iya betul, disurga juga ada kelasny, DI neraka juga ada.

  4. dinda cantique says:

    wahh aku takut ama neraka

  5. Sukonco says:

    Pertamax !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. Jesus says:

    Bermanfaat banget gan

  7. yunita says:

    alangkah nikmatnya bs masuk surgaNya,,,,smga qt trmasuk ddlmnya…aaaammiiiiinn

  8. Jejen zaenal says:

    Ayo tmn2 beramallah di mulai dari sekarang untuk bekal nanti ke akhirat

  9. miftah says:

    wallohu a’lam sy belum mampu berfikir ke arah situ., tp yang jelass sy mengimaninya kalo syurga dan neraka ntu ada.

  10. Rendy says:

    Makasih ya….
    Dngn adanya ini saya gampang mencari tugas sekolah

  11. diana says:

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sblmnya sya ucapkan trima ksih buat yg posting surga dan netaka.. pokoknya bermanfaat bgt deh…
    Oh yah klo kita boleh sharing.. aku mau bilang deh untuk saudara johnshon: saya rasa untuk surga dan neraka itu berlaku untuk semua agama bkan hnya islam saja.. karena setiap manusia hrus mempertanggungjawabkan perbuatannya nasing-masing dan nanti akn dipertanggung. Jawabkn di hadapan Allah. Lah emang kalau boleh tau agama saudara johnson ap???

  12. diana says:

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sblmnya sya ucapkan trima ksih buat yg posting surga dan netaka.. pokoknya bermanfaat bgt deh…
    Oh yah klo kita boleh sharing.. aku mau bilang deh untuk saudara johnshon: saya rasa untuk surga dan neraka itu berlaku untuk semua agama bkan hnya islam saja.. karena setiap manusia hrus mempertanggungjawabkan perbuatannya nasing-masing dan nanti akn dipertanggung. Jawabkn di hadapan Allah. Lah emang kalau boleh tau agama saudara johnson apa??? Klo emang saudara johnson di luar dari a gam islam.. knapa tidak mencari tau saja tentang islam.. !! Mungkin nanti akan mndapatan hisayah dari ALLAH.amin.

    Wasalamualaikum.wr.wb

  13. ziyya says:

    ok, terima kasih

  14. ziyya says:

    enter your
    namelaldmnngmmcfjjjvjjjjj

  15. Herlia says:

    Alhamdullialah semua lengkap

  16. Ridwan says:

    Sbnrnya aq hanya mencari 14 nama” surga sama nama”neraka
    tapi ditunjukkan hanya 8 ehm
    we,,,,,

  17. agung hartono says:

    YA ALLOH BIMBINGLAH DAN TUNTUNLAH HAMBAMU INI SUPAYA HAMBA MENJADI UMATMU YANG BERIMAN DAN BERTAKWA. . . . .
    AMIN YA ROBBALL ALLAMIN. . . .

  18. Sungguh amat bermanfaat,jadi bgi yg tidak tahu menjadi tahu.Dan semoga dapat di terapkan dalam kehidupan sehari2,dan kita semua dapat masuk ke dalam syurganya Allah yang mulia.
    Amiin ya rabbal’alamiin

  19. iwul says:

    trus saya gmn ?
    brati t4 sya di neraka dong…. T.T

  20. didi says:

    Subhanallah

  21. HN says:

    Mas kalu dapat, sering2 z bwt updatean islami.

  22. kayat handaya says:

    sebelum masuk. kita harus punya kucinya dulu… setelah itu cari jalannya seperti yang ada disurah Al-Fatihah ayat 7… insya Allah kita akan diberi petunjuk.

  23. Betul sekali tetapi mn penghuniny yg tnggl disitu…
    saya hnya mau blg judulny td beserta penghuninya ini kok malah gak ada..

  24. Sei says:

    Umm.. harus rajin2 nabung amal nihh.. supaya dapat rumah yg bagus di surga hehe n.n

  25. moci says:

    Askum,,,,
    Untuk soudara jonson son …bacaan di atas itu bermanfaat bagi semua ummat
    Anda tau tidak dari semua kitab suci agama lain itu isinya dari alqur’an mas brow termasuk kitab injil anda itu.. cobalah buka kitab anda dan baca teliti sebaek baeknya…sekian dri sy slam damai peace
    wassalam,,,,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: